Postingan

AL HALLAJ IBLIS ADALAH TEMAN DAN FIRAUN ADALAH GURUNYA

Gambar
Bagi Al-Hallaj iblis adalah teman dan Firaun adalah gurunya. Orang yang terlalu cepat menyimpulkan, pasti berpendapat bahwa Al-Hallaj sesat. Mungkin pula sebaliknya, ada yang berpendapat Al-Hallaj tengah mendekonstruksi pemikiran umum agama. Namun, lagi-lagi kita mesti menahan diri. Iblis Benar Sekaligus Salah Al-Hallaj memang menyebut iblis sebagai temannya. Ia juga berargumen bahwa Iblis adalah makhluk yang bersetia hanya kepada Allah. Namun, ini adalah pendapatnya dalam satu sisi. Para sufi terbiasa menggunakan beberapa sudut pandang dalam berpendapat. Maka, kita juga perlu melihat sisi lain dari argumen Al-Hallaj. Al-Hallaj menyatakan iblis sebagai temannya berdasarkan konteks kesamaan “nasib” keduanya. Iblis “dihinakan” Allah dari surga ketika menolak sujud kepada Adam. Sementara itu, Al-Hallaj dihukum gantung dan tubuhnya dibakar oleh sesama umat Islam. Namun, di sisi lain Al-Hallaj juga menyalahkan iblis. Bagaimana pun, di alam ruh, satu-satunya yang menjad

METODE KEBERSAMAAN TENTU BEDA DENGAN RAHASIA KEDAMAIAN

Gambar
Masih seputar metode dan rahasia, metode kebersamaan tentu berbeda dengan rahasia kedamaian. Metode kebersamaan adalah ilmu tentang cara berkomunikasi, mengumpulkan orang, strategi bernegoisasi, berdiplomasi, dan lain sebagainya. Yang diperlukan dalam metode kebersamaan adalah kemauan, keinginan, dan kesadaran untuk hidup berdampingan dengan orang lain, tanpa mendiskriminasikan latar belakang sosial, budaya, agama, ekonomi, suku, bahasa, dan aliran. Rahasia kedamaian lain lagi, ia berhubungan dengan cita rasa penerimaan hati, sedang hati mengikuti kualitas diri manusia dalam memahami kondisi dan keadaan yang ditampakkan Allah SWT. Adapun kualitas diri manusia mengikuti seberapa harmonisnya ia menjalin hubungan dengan penciptanya. Sederhananya, kedamaian adalah anugerah yang diberikan Allah SWT kepada manusia sesuai kadar kerelaannya dalam memahami pemberianNya.  BACA JUGA  AL HALLAJ IBLIS ADALAH TEMAN DAN FIRAUN GURUNYA Untuk meraih kedamaian, manusia harus mulai me

KELAPANGAN SAMA DENGAN KELUASAN

Gambar
Kesempitan adalah jalan menuju kelapangan, sedang lapangan adalah dimensi dimana satu wilayah telah dipesan untuk ditempati kesempitan. Dalam hal ini, metode keberhasilan juga berbeda dengan rahasia kebahagiaan. Metode keberhasilan adalah pengetahuan tentang cara, kiat maupun upaya yang perlu dilakukan guna mewujudkan harapan dan keinginan. Pada tataran ini, usaha manusia menjadi keniscayaan yang harus ditampakkan guna menjemput kehendakNya. Rahasia kebahagiaan tidak seperti itu, ia tidak berhubungan dengan ragam usaha yang dilakukan manusia, kendati sebagian manusia ada yang memahami bahwa kebahagiaan adalah efek dari kesuksesan. Sebagaimana rahasia kesembuhan, rahasia kebahagiaan adalah anugerah dari Allah SWT meski pada kondisi tertentu Allah SWT membolehkan manusia berupaya untuk mendapatkannya. Dan berpikir positif adalah satu diantara upaya yang bisa dilakukan manusia. Bila kelapangan sama dengan keluasan, maka kesempitan sama dengan keterbatasan. Ke

KESADARAN

Gambar
Ya, strategi kesadaran, strategi yang menuntut kita untuk bersikap hati=hati, wawas diri, moderat, serius, dan teliti. Dalam strategi ini, kesinambungan potensi akal dan hati kita akan diuji, serta kesesuaian ucapan dan perilaku kita akan diverifikasi. Untuk menumbuhkan proses berfikir positif yang efektif, kita harus mampu membangkitkan kesadaran kita bahwa “manusia, tak peduli darimana ia berasal, tetaplah manusia, yang memiliki hak menjadi baik sebagaimana kita”. Bila kesadaran akan hal tersebut mampu kita keluarkan setiap hari, Insya Allah secara berjenjang dan periodik, pikiran kita akan terpenuhi kebaikan-kebaikan orang lain, kendati apa yang ia lakukan mungkin tidak menyenangkan bagi kita. Dalam strategi kesadaran ini, kita hanya memerlukan keseriusan diri untuk mencari kelemahan kita, kemudian menyandingkannya dengan kelebihan orang lain. Tujuan dari strategi kesadaran adalah untuk mempersempit gerak nafsu kita yang cenderung ingin merasa lebih baik

SIMISKIN SIPIKUL KAYU BAKAR

Gambar
SEKEPING TANAH PEMILIK PENDUDUK TUA Dikisahkan bahwa ada seorang lelaki miskin yang mencari nafkah dengan mengumpulkan kayu bakar lalu dijual dipasar. Hasil yang ia dapatkan hanya cukup untuk makan. Bahkan kadang-kadang tak mencukupi kebutuhannya. Tetapi, ia terkenal sebagai orang yang sabar. Pada suatu hari, seperti biasanya dia pergi kehutan untuk mengumpulkan kayu bakar. Setelah cukup lama dia berhasil mengumpulkan sepikul kayu bakar. Ia lalu memikulnya sambil berjalan menuju pasdar. Setibanya di pasar, ternyata orang-orang sangat ramai dan agak berdesakan. Karena khawatir orang-orang akan terkena ujung kayu yang agak runcing, ia pun berteriak,  “Minggir, minggir! Kayu bakar mau lewat!” Orang-orang pun minggir memberinya jalan. Sementara ia terus berteriak mengingatkan orang. Tiba-tiba lewat seorang bangsawan kaya raya di hadapannya tanpa memedulikan peringatannya. Kontan saja ia kaget, sehingga tak sempat menghindarinya. Akibatnya, ujung kayu bakar

JALANI HIDUP SEBAGAIMANA MESTINYA

Gambar
Jalani hidup sebagaimana mestinya, terimalah apapun yang diberikan Tuhan dengan penuh kerelaan dan rasa syukur. Adapun yang masih beruntung dengan berbagai macam nikmat dan anugerah yang diberikanNya, janganlah lalai dan lupa diri, kemudian membutakan mata hati untuk melihat penderitaan dan kesengsaraan saudara-saudara yang lain. Ingatlah! Kekayaan yang kita miliki hanya titipan yang suatu saat nanti akan diambil kembali. Oleh karena itu, mumpung Tuhan belum mengambilnya dengan paksa, akan lebih baik jika kita lebih dulu mengembalikannya, hitung-hitung kita belajar  melepaskan sesuatu yang kita senangi, atau bahkan tergoda untuk memiliki. Mengembalikan dengan cara berbagi kebahagiaan bersama sesama yang membutuhkan, dan berbagi kemudahan bersama mereka yang berada dalam kesempitan. Inilah strategi saling memandang yang perlu dilakukan. Dimanapun kita berada, seperti apapun keadaannya, hendaknya kebersamaan dan saling memberi penghormatan senantiasa ki

SEKEPING TANAH PEMILIK PENDUDUK TUA

Gambar
Khalifah Mansur bin Abi Amir al-Hajib, penguasa Andalusia, Spanyol, berencana membangun jembatan besar untuk menghubungkan dua sisi  kota yang terbelah sungai. Berdasarkan penghitungan sejumlah ahli bangunan, biaya pembuatan itu mencapai 140 ribu dinar emas. Studi kelayakan telah dibuat. Bagi Mansur al-Hajib, biaya tak jadi soal. Pemerintah telah menghitung untung rugi pembangunan jembatan. Yang penting, kedua sisi kota bias berhubungan dengan lancar, kegiatan ekonomi bertambah baik, dan kemakmuran rakyat meningkat. Namun, pembangunan jembatan tak segera bisa dilakukan. Ada sekeping tanah milik seorang penduduk tua di seberang sungai yang harus dibebaskan lebih dahulu. Kendati kecil, tanah itu sangat diperlukan, sebab disanalah pangkal jembatan ditancapkan. Mansur al-Hajib lalu mengutus pembantunya untuk menawar ganti rugi kepada pemilik tanah. Orang tua itu member harga sepuluh dinar emas. Pembantu Khalifah setuju. Dengan dihadiri dua orang saksi, saat i

HIKMAH KISAH HASSAN BASRI DAN RABI'ATUL ADAWIYYAH

Gambar
“Seburuk-buruk tempat di muka bumi ialah tempat yang di dalamnya tidak ada Abul Hassan.”  Demikian Sayyidina Umar bin Al-Khatab memuji Sayyidina Ali bin Abu Talib Karramallahu Wajhah kerana ketinggian ilmu dan makrifatnya.  Pujian yang dilontarkan Umar itu berdasarkan sebuah kisah pertemuan beliau dengan Huzaifah bin Yaman R.A.  Umar bertanya kepada Huzaifah:  “Bagaimana keadaanmu”?  Aku menjadi orang yang menyukai fitnah,  membenci yang haq,  aku solat tanpa wudhuk,  dan aku memiliki sesuatu di bumi  yang tidak dimiliki Allah,”  jawab Huzaifah.  Mendengar jawapan Huzaifah tersebut, Umar begitu marah sekali.  Mukanya merah. Tiba-tiba Sayyidina Ali muncul. Melihat wajah Umar yang berubah, Ali segera bertanya :  “Mengapa engkau seperti orang sedang marah,  wahai Amirul Mukminin?”  Lalu Umar menceritakan apa yang dikatakan oleh Huzaifah. Ternyata Ali membenarkan semua perkataan Huzaifah.  Umar hairan dan bertanya:  “Jadi engkau juga membenarkan ucapannya, Abul Hasan?

MENINGKATKAN DERAJAT KEWALIAN CARANYA DENGAN MENCINTAI DAN MENYANGI WANITA

Gambar
MELIHAT TUHAN PADA DIRI WANITA Wanita adalah cahaya Tuhan Dan dia bukan kekasihmu Wanita adalah pencipta Dan bagimu, dia juga tidak diciptakan. Bait syair itulah yang ditulis oleh Rumi dalam Mastnawinya. Ia menegaskan pada umat manusia semuanya bahwa sosok wanita, karena kemulyaan dan qodratinya, mampu membiaskan “bayang-bayang” Tuhan di semesta ini, yang oleh Ibnu Arabi disebut sebagai miniatur semesta atau mikrokosmos (al-alam al-shaghir), yang dalam dirinya tercermin bagian-bagian dari jagad raya atau makrokosmos ini.    Oleh karenanya sungguh benar kalau para sufi ahli ma’rifat, untuk meningkatkan derajat kewalian, salah satu caranya adalah dengan mencintai dan menyayangi wanita (Murata, 2000 : 249) .   Mengapa dengan mencintai dan menyayangi wanita bisa meningkatkan derajat kewalian seseorang?. Apakah sosok wanita mempunyai “Akup-Akup” untuk menghantarkan seseorang menuju Arsy Tuhan di Lauh Mahfudz sana?, ataukan ia mempunyai keteduhan bak lautan yang menyimpan mutiara

PENGERTIAN MAKRIFAT

Gambar
Pancaindera adalah pintu nafsu, dan akal adalah pintu bagi ego. Dan  firman Allah didalam Al-Quran, Surat  : Al Insyiqaaq ayat 6 "Hai manusia, jika sesungguhnya kamu telah berusaha dengan sungguh-sungguh  menuju tuhanmu, maka pasti kamu akan menemuiNya". Dan firman Allah lagi, surat : An Nabaa’ ayat 39 Artinya "Maka barang siapa yang menghendaki niscaya ia menempuh jalan kembali (mengenal) kepada Tuhanya".   Dan firman Allah selanjutnya. Surat : Al-Ankabut ayat 69 Artinya ; "Mereka yang berjuang pada jalan kami, akan kami tunjukan jalanya kearah kami". Dan sesungguhnya cara untuk mengenal Allah itu adalah dengan cara kita mengenal diri kita sendiri. Seperti firman Allah didalam hadis Qudsi. Artinya : "Barang siapa yang mngenal dirinya maka kenallah tuhanya. Dengan  mengenal diri maka dapat mengenal tuhan. karena rahasia tuhan itu ditanggung oleh diri manusia. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa mengenal tuhan itu hendaklah dengan mengen

PENGERTIAN TAUHID

Gambar
Tauhid boleh diartikan sebagai suatu keyakinan yang mutlak terhadap Allah s.w.t. tanpa disekutukan dengan yang lain. Bila kita tauhid dengan Allah s.w.t. berarti kita benar-benar bergantung kepada-Nya, tanpa sedikit pun ragu, syakwasangka dan was-was terhadapNya. Tauhid kita kepada Allah adalah meliputi : –          Zat Allah –          Sifat Allah –          Asma Allah –          Afa’al Allah. Firman Allah di dalam Al-Quran Surah : Al-Fatihah ayat 3-4 Artinya : "Engkaulah Tuhan yang memiliki hari kemudian. Kepada engkau kami menyembah dan kepada engkau kami minta pertolongan". Tauhid pada Zat Allah maknanya adalah kita bergantung mutlak bahwa Zat Allah saja yang memerintah di alam semesta ini, dan Dialah tuhan semesta alam dan tidak pula kita menyekutukanNya dengan yang lain, seperti firman Allah s.w.t diatas.Tauhid pada Sifat Allah berarti kita bergantung sepenuhnya kepada Allah dan kita tidak berhak atas sesuatu apapun kecuali dengan izi
SUARA KOTA PONTIANAK

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY SUARA KOTA PONTIANAK ||| 🔔E-mail : ptmkspontianak@gmail.com

🚀POPULAR POST

CARA MEMBANGKITKAN NUR QALBU MELALUI ZIKIR NAFI DAN ISBAT BAGI FOMULA TASYAWUF

DALIL WAHDATUL WUJUD DALAM AL QUR'AN DAN HADISTH

ABU THALIB AL-MAKKI PEMANDU AMALAN TAREKAT PARA SUFI

SYAIKH SITI JENAR : AL-FATIHAH SALAH SATU KUNCI NGIBADAH

TUHAN TIDAK BERZAT, BERSIFAT, BERASMA, DAN BERAF'AL.

🔂 FOLLOWERS