RATNA SARUMPAET

Profil Ratna Sarumpaet

Nama Lengkap: Ratna Sarumpaet
Lahir: Tarutung, Tapanuli Utara – Sumatera Utara, 16 Juli 1949
Kebangsaan : Indonesia
Profesi : Penulis, Aktivis
Agama : Islam
Orang Tua: Saladin Sarumpaet (Ayah); Yulia Hutabarat (Ibu)
Status : Menikah
Pasangan : Achmad Fahmy Alhady
Anak – anak : M. Iqbal Alhady; Fathom Saulina; Ibrahim Alhady; Atiqah Hasiholan
Ratna Sarumpaet adalah anak ke lima dari sembilan bersaudara. Ia lahir di Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada 16 Juli 1949. Ratna memeluk agama Islam ketika dipersunting oleh pengusaha sukses Arab – Indonesia, Achmad Fahmy Alhady. Dari pernikahannya itu, ia dikaruniai empat anak yang lucu – lucu. Anaknya yang paling bungsu merupakan salah satu artis cantik Indonesia, Atiqah Hasiholan.
Meski usia Ratna yang tak lagi muda, ia masih aktif bergerak sebagai seorang aktivis. Ratna sejak muda memang senang melakukan aktivitas sosial terlebih berhubungan dengan rakyat miskin. Ratna membangun sebuah organisasi sosial bernama Ratna Sarumpaet Crisis Center. Lulusan Teknik Arsitektur dan Hukum UKI ini sejak kuliah sering tergabung dalam organisasi kemanusiaan yang membela keadilan terutama untuk rakyat kecil. Ratna merupakan salah satu aktivis HAM yang sering menentang pemerintah akan kebijakan yang tidak berpihak pada rakyat lemah.
Seni menjadi jalan baginya untuk menyuarakan pendapatnya dan mengkritik pemerintah. Banyak naskah yang telah ia buat yang kebanyakan menceritakan kehidupan rakyat miskin yang tidak memperoleh keadilan. Salah satu contoh karyanya yang menuai perhatian pemerintah jaman orde baru, berjudul Marsinah Menggugat. Kisah yang diangkat ke teater ini, ia naskahi, sutradarai, dan produksi sendiri. Film tersebut menceritakan tentang kasus pembunuhan Marsinah yang tidak memperoleh kejelasan. Ratna dan crewnya mengadakan tur Jawa Sumatera untuk melakukan pentas Monolog Marsinah tersebut. Karena dianggap provokatif, kegiatan Ratna pun diawasi pihak intel. Baca juga Kivlan-zein.html

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Link
SUARA KOTA PONTIANAK

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY SUARA KOTA PONTIANAK ||| 🔔E-mail : ptmkspontianak@gmail.com

🚀POPULAR POST

SYAIKH SITI JENAR : AL-FATIHAH SALAH SATU KUNCI NGIBADAH

CARA MEMBANGKITKAN NUR QALBU MELALUI ZIKIR NAFI DAN ISBAT BAGI FOMULA TASYAWUF

TUHAN TIDAK BERZAT, BERSIFAT, BERASMA, DAN BERAF'AL.

PUSAKA MADINAH

AL HALLAJ IBLIS ADALAH TEMAN DAN FIRAUN ADALAH GURUNYA

🔂 FOLLOWERS