SANG MURSYID (1)



GURU adalah sebuah profesi bagi mereka yang mengajarkan suatu ilmu. Namun …
Kata “GURU” akan lain maknanya jika di hubungkan dengan kata “MAHA”
MAHA = melebihi (peringkat yang tinggi)
Jadi… MAHA GURU (Gurunya guru) yaitu seseorang yang mengajarkan sesuatu ilmu yang lebih dan berlainan dari guru-guru yang biasa-biasa saja.
MAHA GURU adalah seorang guru yang telah mencapai kedudukan yang tertinggi karena ke-ilmuan spritualnya dan kemuliaan moralnya.
MAHA GURU menjadi panutan bagi guru-guru yang lain yang sedang menapaki lautan spiritual
MAHA GURU hanya disematkan kepada seseorang yang kualifikasi keguruannya tidak diragukan lagi karena ia cakap dalam keilmuan dan ideal sebagai figur bagi para muridnya.
MAHA GURU inilah yang disebut MURSYID.MURSYID mumpunyai makna Pengantar atau penunjuk atau pembimbing di dunia spritual
Tugasnya : menunjukkan terhadap eksistensi “SEJATI DIRI MANUSIA”
Karena sudah seharusnya setiap manusia mengenal akan sejati dirinya agar proses KEMANUSIAANYA dia ketahui dengan tepat, sehingga mengenal akan perjalanan hidupnya, baik masa lalu dan akan datang. Dengan demikian, seorang Mursyid bukan sekedar sebutan seperti guru-guru yang telah kita kenal selama ini ( maksudnya : tanpa memiliki kualifikasi tinggi sebagai seorang Mursyid). Karena MURSYID merupakan pangkat (jabatan) yang diberikan oleh RABBUL JALIL. (Sang pemilik misi dalam penciptaan manusia).Bahwa : ALLAH SWT ingin di kenal maka diciptakan manusia untuk mengenalnya. Tidak mungkin DIA datang langsung berwujud “zahir” melainkan DIA akan datang melalui para kekasihnya (orang-orang pilihan). Yang terpilih tentunya merupakan Insan-insan Mulia dimataNya. DIA datang dengan “baju” yang telah dikenal oleh manusia itu sendiri. DIA datang dengan “wajah” para utusannya.Oleh karena itu ingatlah akan hal ini : MURSYID bukan sembarang orang yang lahir begitu saja tanpa ada persiapan terdahulu. Sebelum terlahir ke dunia seorang Mursyid telah dipersiapkan sejak lama oleh Allah swt. Sungguh berbahagialah bagi mereka yang terlahir sebagai Maha Guru (Mursyid) yang membawa misi suci bagi setiap insan yang ingin mengenal Sejati Dirinya. Mereka datang bukan karena keinginan dirinya melainkan atas perintah dan tugas Sang Maha Bijaksana yaitu Tuhan Semesta Alam.Kehadiran para Mursyid beraneka ragam, sesuai misinya, bisa berpenampilan sebagai manusia “biasa” yang kehidupannya tidak jauh berbeda dengan manusia pada umumnya, bisa jadi Mursyid hadir dengan penampilan yang “luar biasa” berbeda dari kebiasaan manusia, (maksunya : disesuaikan dengan kondisi lingkungan ketika mereka hadir)
Himbauan saya bagi para pencari :
Hendaknya bijak dan teliti dalam berkenalan dengan mereka.
“Emas sekalipun berada dalam lumpur tetap harganya emas jua , sebaliknya, perak sekalipun disimpan di lemari emas tetap saja nilainya perak saja, maka begitulah dengan para Mursyid”. 

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Link
SUARA KOTA PONTIANAK

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY SUARA KOTA PONTIANAK ||| 🔔E-mail : ptmkspontianak@gmail.com

🚀POPULAR POST

SYAIKH SITI JENAR : AL-FATIHAH SALAH SATU KUNCI NGIBADAH

CARA MEMBANGKITKAN NUR QALBU MELALUI ZIKIR NAFI DAN ISBAT BAGI FOMULA TASYAWUF

TUHAN TIDAK BERZAT, BERSIFAT, BERASMA, DAN BERAF'AL.

PUSAKA MADINAH

AL HALLAJ IBLIS ADALAH TEMAN DAN FIRAUN ADALAH GURUNYA

🔂 FOLLOWERS