PERAMBAN INTERNET

Perusahaan riset Nielsen melaporkan daftar aplikasi yang paling banyak digunakan pengguna smartphone di Amerika Serikat (AS) pada tahun lalu. Hasilnya, aplikasi Google dan Facebook menjadi aplikasi dan layanan yang paling banyak digunakan pengguna.

Data Nielsen itu mengukur tingkat kepopuleran aplikasi smartphone di semua sistem operasi.

Menurut Nielsen, smartphone berbasis Android memiliki pangsa pasar smartphone sebesar 53 persen dan Apple mempunyai pangsa pasar smartphone sebesar 45 persen.



Sisanya, ada Windows Phone yang memegang 2 persen pangsa pasar dan BlackBerry sekitar 1 persen.
Pengguna aktif Facebook di AS mencapai 146 juta. Di urutan kedua adalah aplikasi chat besutan Facebook, Messenger yang mempunyai pengguna sebanyak 140 juta seperti dikutip Financial Express.
Jika dibandingkan tahun lalu, Facebook Massenger meningkat cukup tajam yaitu 28 persen dibandingkan tahun 2015.
Menyusul berturut-turut berikutnya adalah lima aplikasi Google yaitu YouTube (114 juta pengguna), Maps (106 juta pengguna), Google Search (104 juta pengguna), Google Play (100 juta pengguna) dan Gmail (89 juta pengguna).
Instagram berada di urutan ke delapan dengan 75 juta pengguna, Apple Music (68 juta pengguna) dan Amazon App (66 juta pengguna).




Opera tengah menyiapkan sebuah produk browser(peramban) internet baru untuk komputer desktop dan laptop. Dinamakan Neon, peramban tersebut disebut-sebut sebagai produk masa depan oleh Opera.
"Browser yang kita gunakan sekarang ini berasal dari milenium yang silam, masa ketika internet masih penuh dengan dokumen dan halaman,".
"Melalui Opera Neon, ingin menampilkan visi tentang masa depan internet,". Secara desain, Neon memang berbeda dari peramban yang ada selama ini. Ia memang tampak lebih mengedepankan segi desain. 
Saat aplikasi tersebut dibuka, pengguna bakal langsung berhadapan dengan gambar wallpaper komputer saat itu. Dengan cara ini, pengguna seakan tidak meninggalkan desktop sama sekali.
Di atas gambar wallpaper tersebut, pengguna bakal melihat berbagai bubble sebagai jalan pintas ke situs-situs populer. Bubble lain akan menggantikan tab pada umumnya dan diletakkan di sebuah vertical bar di bagian kanan layar.
Di bagian kiri layar, Opera juga meletakkan berbagai jalan pintas lain. Bar tersebut berisikan pemutar video, galeri gambar, dan download manager.
Neon sendiri saat ini merupakan produk eksperimen dari Opera. Keberadaan dari produk tersebut juga tidak akan menggantikan browserOpera yang ada saat ini.
Fitur-fitur penting dari browser Opera yang ada sekarang, seperti pemblokir iklan ad-blocker dan VPN, dikatakan tidak akan hadir di Neon. 



Di masa yang akan datang, Anda cukup memberi perintah suara saja maka Photoshop akan mengedit gambar sesuai permintaan.
Saat ini Adobe, perusahaan pembuat software editing Photoshop, sedang mengerjakan software asisten digital yang bisa menerjemahkan suara menjadi perintah mengedit foto. Jika ini semua sudah terwujud, Anda mungkin tak akan perlu lagi menghafal berbagai kombinasi tombol pemintas edit foto lagi.
Sederhananya, bayangkan saja Anda sedang meminta Siri, asisten digital buatan Apple, untuk melakukan sesuatu. Tapi kali ini, permintaan Anda adalah seputar crop, memutar perspektif foto, gelap-terang, dan sejenisnya.
proses pembuatan konsep ini dikerjakan oleh Adobe Research, divisi penelitian dan pengembangan di bawah Adobe.
Mereka juga sudah membuat sebuah video yang digunakan sebagai proof of concept. Dalam video yang dimaksud, terlihat seorang pria menekan tombol mikrofon di aplikasi pengedit foto.
Berikutnya, pria tersebut cukup bersuara memerintah asisten digital untuk membalik perspektif foto. Dan tanpa sentuhan tangan, perspektif foto tersebut langsung berubah.
Contoh tindakan yang ada di video itu memang masih sederhana. Tapi bayangkan nanti, saat pengembangan sudah selesai dan berbagai proses edit foto yang lebih rumit bisa dikerjakan secara otomatis oleh asisten digital. Tentu hasilnya bisa jadi sangat mengagumkan.
Konsep dan video yang dipamerkan oleh Adobe ini merupakan langkah pertama untuk mewujudkan asisten digital itu. Tentu saja perwujudannya nanti masih belum jelas dan butuh waktu panjang.
Konsep itu bisa juga gagal, namun bukan tidak mungkin terwujud. Pengguna cukup menunggu saja hingga pengumuman berikutnya. Baca juga Xiaomi-teknologi-oled-dan-samsung

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Link

Komentar

SUARA KOTA PONTIANAK

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY SUARA KOTA PONTIANAK ||| 🔔E-mail : ptmkspontianak@gmail.com

🚀POPULAR POST

SYAIKH SITI JENAR : AL-FATIHAH SALAH SATU KUNCI NGIBADAH

CARA MEMBANGKITKAN NUR QALBU MELALUI ZIKIR NAFI DAN ISBAT BAGI FOMULA TASYAWUF

TUHAN TIDAK BERZAT, BERSIFAT, BERASMA, DAN BERAF'AL.

PUSAKA MADINAH

AL HALLAJ IBLIS ADALAH TEMAN DAN FIRAUN ADALAH GURUNYA

🔂 FOLLOWERS