PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) COORPORATE PLAND (1)

BAB I PENDAHULUAN 
PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) COORPORATE PLAND (2)
1.1   Latar Belakang
Salah satu kebutuhan utama manusia adalah adanya penyediaan air bersih. Pemenuhan kebutuhan akan air bersih yang sehat bagi penduduk mutlak diperlukan sepanjang sejarah hidup manusia. Karena kebutuhan air yang bersih dan sehat ini selalu ada di setiap kehidupan manusia, hal ini menyebabkan setiap manusia dalam rangka mempertahankan hidupnya mencari tempat-tempat dengan sumber air berlimpah. 

Penambahan dan perkembangan jumlah penduduk yang terus meningkat akan berbanding lurus dengan peningkatan konsumsi air bersih sehingga akan muncul suatu tuntutan yang mendorong untuk membentuk dan menyelenggarakan penyediaan dan pendistribusian air minum yang sesuai dengan standar kesehatan. Pemenuhan kebutuhan air bagi penduduk Kota Pontianak khususnya telah diselenggarakan oleh Pemerintah Kota dengan membentuk Perusahaan Daerah yang mengelola dan melayani kebutuhan air bersih yaitu Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak. Tugas PDAM adalah mengelola dan melayani kebutuhan air bersih, namun tidak dihindari bahwa pertumbuhan dan perkembangan jumlah penduduk merupakan faktor utama yang perlu mendapat perhatian dalam pemenuhan kebutuhan air bersih yang sehat dan bersih sehingga masyarakat terpuaskan kebutuhannya. 

Untuk itu PDAM dituntut untuk memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan calon pelanggannya sehingga kesinambungan pembelian dari pelanggannya akan terus mendorong terciptanya keberlangsungan hidup perusahaan. Diharapkan dari hasil pendapatan yang diperoleh tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu pemasukan atau pendapatan bagi daerah. Dalam rangka menciptakan PDAM yang menguntungkan dan berorientasi pada kepuasan pelanggannya maka dibutuhkan suatu manajemen yang kuat dan dinamis. PDAM sebagai suatu badan usaha perlu memperhatikan dan mengantisipasi lingkungan luar perusahaannya yang akan terus berubah. PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak dihadapkan pada suatu situasi lingkungan yang mendorong pihak manajemen untuk mengantisipasinya. Manajemen yang kuat dan dinamis dituntut untuk menangkap peluang dan mengantisipasi ancaman yang berdampak terhadap kelangsungan kesinambungan perusahaan. Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mampu beradaptasi dengan pasar yang terus berubah selain itu juga mampu melakukan perencanaan strategis bagi perusahaannya. PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak sebagai unit usaha yang melayani kebutuhan hajat hidup orang banyak yakni air, perlu untuk meningkatkan kemampuan pelayanannya dari waktu ke waktu sejalan dengan kecenderungan arah perkembangan pembangunan, pertambahan perumahan, industri, pertambahan penduduk dan kenaikan taraf hidup masyarakat di daerah Kota Pontianak. 

Dari fakta yang ada bahwa PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak belum dapat memenuhi seluruh kebutuhan air bersih yang dibutuhkan oleh masyarakat secara optimal, karena adanya berbagai kendala, baik internal maupun eksternal. Salah satu faktor internal yaitu fasilitas pelayanan yang relatif padat modal sehingga memerlukan jumlah investasi yang sangat besar, sedangkan factor eksternalnya adalah sulitnya memperoleh air baku kalaupun ada memerlukan investasinya sangat besar. Berdasarkan hal tersebut maka pengembangan PDAM hendaknya dilakukan secara pentahapan yang rasional dan realistis serta dikelola secara efektif, efisien dan akuntabel sehingga dapat melaksanakan misi utamanya dengan sebaik-baiknya serta menghasilkan pendapatan yang sebanding dengan sumber-sumber ekonomi yang digunakannya. Kesalahan arah, inefisiensi dan kesalahan pengelolaan PDAM dapat menimbulkan biaya ekonomi dan biaya sosial yang besar. Karena itu PDAM sangat memerlukan suatu panduan arah pengembangannya yaitu Corporate Plan (Rencana Pengembangan Perusahaan) yang merupakan suatu pedoman bagi rencana pengembangan yang dibuat secara mendasar, menyeluruh dan berkesinambungan untuk jangka waktu lima tahun yang disusun dengan memperhatikan potensi dan kendala yang ada pada perusahaan dan lingkungannya.
Bersambung.........

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Link

Komentar

SUARA KOTA PONTIANAK

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY SUARA KOTA PONTIANAK ||| 🔔E-mail : ptmkspontianak@gmail.com

🚀POPULAR POST

SYAIKH SITI JENAR : AL-FATIHAH SALAH SATU KUNCI NGIBADAH

CARA MEMBANGKITKAN NUR QALBU MELALUI ZIKIR NAFI DAN ISBAT BAGI FOMULA TASYAWUF

TUHAN TIDAK BERZAT, BERSIFAT, BERASMA, DAN BERAF'AL.

PUSAKA MADINAH

AL HALLAJ IBLIS ADALAH TEMAN DAN FIRAUN ADALAH GURUNYA

🔂 FOLLOWERS