LANGKAH LANGKAH MENJADI PEKERJA PROFESIONAL

Etos kerja tinggi masih belum cukup hanya dibentuk dengan beberapa pengetahuan yang telah disebutkan. Untuk menjadi seorang pekerja professional, anda masih perlu melakukan beberapa langkah nyata, seagaimana diuraikan dalam pembahasan berikut ini.

Ulet dan bekerja keras
Ulet adalah usaha yang pantang mudur. Seorang pekerja ulet tidak mudah menyerah, sekalipun apa yang diusahakannya mengalami kesulitan atau bahkan kegagalan. Keseriusan dalam menjalankan suatu pekerjaan apapun pada akhirnya akan menghasilkan keberhasilan, kedati sesekali dihiasi kegagalan terlebih dahulu.

Seseorang yang memiliki keuletan di dalam jiwanya akan menganggap kegagalan sebagai kesuksesan yang tertunda. Keyakinan itu ditumbuhkan agar iya lebih semangat dalam mencapai keberhasilan dimasa mendatang melalui usaha yang lebih maksimal. Sebab, disadari atau tidak, seorang pekerja dituntut untuk memiliki keuletan didalam dirinya. Bahkan, sikap ulet merupakan bagian dari integritas seorang pekerja.
Hal seperti itu sangat diharapkan oleh setiap perusahaan atau instansi, keuletan yang menjadikan kriteria suatu perusahaan ialah kesanggupan seorang pekerja untuk mencurahkan segenap tenaga dan pikirannya demi mencapai keberhasilan atas target-target tertentu yang ditetapkan oleh perusahaan.

Ulet dalam hal ini lebih menekankan pada semangat seseorang pekerja untuk berjuang meraih asa yang tertanam di dalam jiwa. Sehingga setiap masalah dan rintangan yang menghadang tidak menjadi penghalang untuk meraih kesuksesan. Seorang pekerja ulet akan melakukan usaha dengan semangat tinggi. 

Dalam hal ini, semangat termasuk sifat kejiwaan yang sangat erat hubungannya dengan factor kepuasan, kegairahan, dan keinginan meningkatkan hasil kerja. Seorang pekerja sangat penting memiliki sifat ulet. Sebab, keuletan memiliki banyak manfaat yang dapat menopang karier anda sebagai pekerja.
Adapun manfaat seorang pekerja – termasuk anda- memiliki sifat ulet adalah sebagai berikut :

  • Dapat memberi semangat lebih dalam berusaha
  • Bisa menunjang keberhasilan usaha yang sedang anda upayakan
  • Tidak mudah berputus asa, serta
  • Dapat meningkatkan daya usaha anda. 

Jika sikap ulet tidak dimiliki oleh seorang pekerja maka mustahil label pekerja tangguh akan disematkan kepadanya. 
Sebab, pada prinsipnya sebuah predikat dan prestasi seorang pekerja tidak akan didapat hanya dengan bermodalkan kepasrahan. Karena itulah, keuletan menjadi penting dimiliki setiap pekerja, khususnya bagi anda yang sedang berusaha membangun etos kerja tinggi.
Jadi, hal terpenting yang harus anda lakukan ialah bekerja dengan segenap ketangguhan, kegigihan, usaha keras, kemandirian, komitmen tinggi, tanggungjawab, serta inovasi dan kreasi. Mengingat sikap ulet bersifat mutlak untuk dimiliki, maka penting pula anda mengetahui salah satu factor yang dapat mempengaruhi lahirnya keuletan.

Factor keuletan yang paling utama adalah pembawaan. Manusia lahir ke dunia dengan memiliki sifat-sifat bawaan dari orang tuanya. Namun, hal tersebut bisa dipengaruhi oleh factor lain seperti pendidikan dan pelatihan, lingkungan, pengalaman, serta motivasi. Hal ini disebabkan sifat dari manusia cendrung akan menyesuaikan diri dengan kebiasaan- kebiasaan yang ada di lingkungannya.

Sikap ulet yang dimiliki oleh seorang pekerja akan membentuk mental juara di dalam dirinya. Sehingga, pekerja menunjukkan kesungguhan dalam mengerjakan segala hal yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya. Dengan demikian, hal yang tampak di permukaan ialah sosok pekerja keras.

Ketika anda telah terlihat sebagai seorang pekerja keras, maka rekan-rekan kerja dan atasan tentu merasa senang dengan keberadaan anda. Demi menjaga keuletan dan kerja keras, hal yang harus diperhatikan adalah komitmen dan kecintaan anda terhadap pekerjaan. Sebab, memang sudah menjadi tugas setiap orang yang bekerja di suatu perusahaan atau organisasi untuk senantiasa mempunyai komitmen.

Bisanya karyawan yang memiliki suatu komitmen akan bekerja secara optimal sehingga dapat mencurahkan perhatian, pikiran, tenaga, dan waktunya untuk pekerjaan. Dengan demikian, apa yang sudajh dikerjakan sesuai dengan harapan perusahaan. Komitmen yang dimaksud merupakan suatu komponen dari sikap ulet dan kerja keras dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai seorang pekerja. Baca juga SANGGUP MENGHADAPI TANTANGAN

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Link

Komentar

SUARA KOTA PONTIANAK

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY SUARA KOTA PONTIANAK ||| 🔔E-mail : ptmkspontianak@gmail.com

🚀POPULAR POST

SYAIKH SITI JENAR : AL-FATIHAH SALAH SATU KUNCI NGIBADAH

CARA MEMBANGKITKAN NUR QALBU MELALUI ZIKIR NAFI DAN ISBAT BAGI FOMULA TASYAWUF

TUHAN TIDAK BERZAT, BERSIFAT, BERASMA, DAN BERAF'AL.

PUSAKA MADINAH

AL HALLAJ IBLIS ADALAH TEMAN DAN FIRAUN ADALAH GURUNYA

🔂 FOLLOWERS