TSUNAMI DIPESISIR BANTEN

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) jumlah korban meninggal dunia akibat tsunami di Pesisir Banten. Ada 62 korban meninggal dunia.

"Data berdampak tsunami sampai dengan 23 Desember 2018 hingga pukul 10.00 WIB, data sementara jumlah korban meninggal, 62 orang meninggal dunia, luka-luka 584 orang, hilang 20 orang," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Minggu (23/12/2018).

Tsunami terjadi pada Sabtu (22/12) malam. Selain 62 orang meninggal, sebagian besar unit rumah rusak berat.

"Kemudian ada 430 unit rumah rusak berat, 9 unit hotel rusak berat, 10 kapal rusak, dan data ini akan terus bergerak naik," katanya.

Daerah yang paling parah adalah Kabupaten Pandeglang, yang terdiri atas kawasan wisata Pantai Carita, Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Lada, dan Panimbang. BNPB hingga TNI sedang melakukan survei.

"Daerah yang paling parah terkena dampak adalah di Kabupaten Padeglang, yaitu kawasan wisata dan permukiman sepanjang pantai dari Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Lada, Panimbang, dan Carita. Oleh karena itu, saat ini sedang disiapkan, akan dilakukan survei dan pemetaan dengan pesawat terbang yang dilakukan TNI, BNPB kerahkan heli, "ujar Sutopo 

Menghantam wilayah Pesisir Kabupaten Pandeglang, Banten dengan penerbangan rata-rata satu per dua meter pada hari Sabtu (22/12) ) malam.

Gelombang ini tak hanya menerjang permukiman dan juga penginapan saja, fasilitas wisata di kawasan Pantai Anyer pun tak luput dari sapuan gelombang yang datang ke daratan.

Peristiwa itu sedikit menodai indahnya malam bulan purnama yang terhampar di langit kemarin malam.

1 alat seismograf mengambil sisa gempa karena bergesernya lempengan bumi

Berdasarkan catatan dari BMKG, ketinggian gelombang di wilayah Serang mencapai 0,9 meter, Banten 0,35 meter, Panjang pelabuhan hingga 0,28 meter, dan Kota Agung Lampung gelombangnya hingga melewatiia 0,36 meter.

Dwikorita mengungkapkan tsunami yang timbul di Pesisir Banten tidak dipicu oleh aktivitas seismik tektonik. Pasalnya, kata Dwikorita, alat seismograf mengambil lemparan gempa karena bergesernya lempengan bumi. Sumber : Media Online . Baca juga Partai-hantu-dan-partai-tuhan

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Link

Komentar

SUARA KOTA PONTIANAK

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY SUARA KOTA PONTIANAK ||| 🔔E-mail : ptmkspontianak@gmail.com

🚀POPULAR POST

SYAIKH SITI JENAR : AL-FATIHAH SALAH SATU KUNCI NGIBADAH

CARA MEMBANGKITKAN NUR QALBU MELALUI ZIKIR NAFI DAN ISBAT BAGI FOMULA TASYAWUF

TUHAN TIDAK BERZAT, BERSIFAT, BERASMA, DAN BERAF'AL.

PUSAKA MADINAH

AL HALLAJ IBLIS ADALAH TEMAN DAN FIRAUN ADALAH GURUNYA

🔂 FOLLOWERS