KATA PENGANTAR PANDEMI COVID-19

Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas berkah dan karuniaNya, Protokol Pelayanan Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial bagi Petugas Kesehatan pada Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) di Fasilitas Pelayanan Kesehatan telah selesai di susun. 

Pandemi COVID-19 ini menjadi perhatian serius di berbagai negara termasuk di Indonesia, jumlah penderita terus meningkat setiap harinya, hingga seluruh pelayanan kesehatan tidak dapat menampung penderita sampai membuka fasilitas pelayanan kesehatan darurat agar dapat memberikan pelayanan kesehatan pada penderita covid19. 

Hal-hal ini membuat petugas kesehatan di fasyankes yang ada di garda depan bekerja tanpa mengenal lelah dan terus melakukan pelayanan hingga menimbulkan kelelahan fisik dan berpotensi menimbulkan tekanan psikologis baik kecemasan, rasa takut stres hingga depresi.

Saat ini dukungan program lebih fokus pada kesehatan mental masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19, padahal kondisi kesehatan mental para petugas kesehatan di fasyankes juga tak kalah pentingnya, untuk itu Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa, menyusun Protokol ini sebagai panduan Pimpinan dan Manajemen di Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk tetap memberikan dukungan kesehatan jiwa dan psikososi sebagai upaya mencegah dan menanggulangi kondisi tekanan mental bagi petugas kesehatan di fasyankes dalam pelaksanaan tugasnya merawat penderita Covid-19. Akhir kata, Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan protokol ini mulai dari awal hingga akhir. Baca Juga : Pelayanan-kesehatan-padamasa-pandemi

Semoga kerja keras kita membuahkan hasil yang bermanfaat khususnya bagi petugas kesehatan di fasyankes Protokol Pelayanan Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial bagi Tenaga Kesehatan viii pada Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) di Fasilitas Kesehatan sebagai garda terdepan yang memberikan pelayanan kesehatan secara langsung. Semoga Allah SWT senantisa memberikan kesehatan dan dapat Bersama-sama dalam menghadapi Pandemi COVID-19. Direktur P2 Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Dr. Siti Khalimah.Sp.KJ.MARS

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Link

Komentar

SUARA KOTA PONTIANAK

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY SUARA KOTA PONTIANAK ||| 🔔E-mail : ptmkspontianak@gmail.com

🚀POPULAR POST

SYAIKH SITI JENAR : AL-FATIHAH SALAH SATU KUNCI NGIBADAH

TUHAN TIDAK BERZAT, BERSIFAT, BERASMA, DAN BERAF'AL.

CARA MEMBANGKITKAN NUR QALBU MELALUI ZIKIR NAFI DAN ISBAT BAGI FOMULA TASYAWUF

PUSAKA MADINAH

AL HALLAJ IBLIS ADALAH TEMAN DAN FIRAUN ADALAH GURUNYA

🔂 FOLLOWERS